Kamis, 19 Januari 2017

Gramedia Online.... Pelayananmu Bikin Gw Sakit Hati

Mestinya kan kalo gada barang ya gak usah dipajang di website,
Kalo ada yang order ya dikonfirmasi dulu ke gudang barang ada apa nggak??
Trus kalo mo bikin event ya mesti diantisipasi overloadnya, jangan sampai pelanggan dirugikan gara" itu.
Kalo ada orderan PO dan on-stock kan bisa dipisah pengirimannya toh kita dah bayang ongkirnya juga huuh!!


Dari judul udah bisa dibayangkan apa yang gw alami, mungkin banyak yang ngalemin hal serupa
Berikut Pengalaman gw belanja online lewat Gramedia.

Cerita ini dimulai sekitar bulan Oktober tahun lalu.

Gw yang biasa belanja komik tiap minggu di sebuah agen koran/majalah deket kantor terpaksa harus berhenti.
Hal ini dikarenakan pihak penerbit dalam hal ini Gramedia, meminta uang panjer sebelum agen tersebut mengambil buku/komik/majalah pesanan mereka.
Agen yang tidak berminat dengan penawaran tersebut mengurungkan niat untuk membeli/mengambil dari penerbit tersebut.
Alhasil jadilah gw mencari alternatif lain untuk mendapatkan komik yang diinginkan.
Karena beli di toko harganya nggak berubah (beli di agen gw dapet diskon 20%), akhirnya gw pilih mencoba untuk beli online lewat gramedia online (diskon 15%).

Pertama kali gw order komik online itu 14 Oktober 2016, 15 buah untuk komik selama 2 minggu yang belum kebeli.
Saat itu gw belinya nggak kena ongkir dan barang datengnya cukup cepet.
Pesen hari jumat dateng hari selasa.
Gw seneng kan, udah tanpa ongkir cepet pula datengnya, okelah selanjutnya gw beli online lagi dah.

Kedua kalinya gw order komik tanggal 3 November, kali ini tambah banyak 28 buah kalo nggak salah.
Pelayanan yang diberikan masih sama, barang dateng cepet dan tanpa ongkir lagi, ditambah gw dapet gantungan kunci Doraemon yang biasa ada di toko Gramedia itu.
Selanjutnya beli lagi....

Untuk yang ketiga gw order tanggal 27 Desember, niat awalnya sih pingin order di Harbolnas (12 Desember 2016) sayang gagal karena traffic system.
Yang ini gw belinya banyak banget, jeda dari tanggal 3 Nov - 27 Dec, tentu banyak judul yang dah ketinggalan.
Ditambah lagi ada pre-order untuk awal Januari.
Orderan kali ini gw kena ongkir sekitar 7kg, per kg 9rb rupiah.

Ditunggu-tunggu kok nggak ada balesan, orderan sebelumnya 2-3 hari barang udah sampe ditangan.
tanggal 7 Januari gw nrima e-mail credit memo (yang artinya ada barang yg gada di stock), Whaat....
Gw dah bayar tapi barang malah gada, padahal waktu gw order masih ada, dan setelah nrima e-mail itu gw cek lagi barang masih available untuk dibeli, WTF.

Tanggal 9 Januari gw konfirmasi donk, kenapa barang gw lom sampe dan kok sampe ada e-mail gada stock.
Dijawab ama mbak"nya, "Maaf maaf barang lom bisa dikirim karena overload akhir tahun gara" Harbolnas, belum lagi ada barang mas yang PO jadi lom bisa dikirim. Terus yang untuk credit memo, memang barangnya nggak ada digudang", busyet dah kaya gini pelayanannya.

Setelah marah", nggak marah juga sih gw orangnya gabisa marah ma mbak" ha..ha..
Akhirnya 2 hari kemudian barang sampe, dengan 2 disertai dua buah boneka kembar.
Alhamdulillah, ada bonus buat permintaan maaf juga.

Gw masih lom kapok, dan gw masih pesen lagi pada tanggal 13 Januari nyesel juga sih.
Orderan komik untuk 2 minggu, dan kena ongkir lagi, kayaknya 2 yang pertama tanpa ongkir mungkin kebetulan belaka.
Tanggal 17 Januari baru nrima email balesan, ada 3 komik yang out-of stock, beneran dah ini layanannya ancur.

Udah gitu dateng pula kiriman dari Gramedianya. 
Gw cek apaan nih, kok dikit. Setelah dilihat" ternyata komik PO yang gw pesen tanggal 27 Desember.
Apa nih maksudnya, kalo emang barang PO-nya dipisah ya mbok cepetan aja yang on-stock dikirim duluan nggak nunggu ditagih dulu lewat telpon.

Gw mau kesel gimana coba, tempat belanja buku online terbatas di Indonesia, Kaum Kapitalis dan Monopolis kayak Gramed ini dah gak bisa digeser, sewenang-wenang pula.
Semoga diberikan balesan yang setimpat, dan kedepannya dapet melayani pelanggannya dengan lebih baik lagi.
Aamiin

Semoga ini dapet dijadikan pelajaran buat temen" yang belanja online, di Gramed khususnya 
see...you... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar